PERENCANAAN, INSTRUKSI, DAN TEKNOLOGI



BAB 12: PERENCANAAN, INSTRUKSI, DAN TEKNOLOGI

Perencanaan Instruksional

Perencanaan adlaah aspek penting untuk menjadi guru yang kompeten. Perencanaan instruksional adalah pengembangan atau penyusunan strategi sistematik dan tertata untuk merencanakan pelajaran.

Kerangka Waktu

Menyusun rencana waktu yang sistematis membutuhkan pengetahuan tentang apa-apa yang perlu dilakukan dan kapan melakukannya, atau perlu fokus pada “tugas” dan “waktu”.

PERENCANAAN DAN INTRUKSI PELAJARAN TEACHER-CENTERED

Sasaran behavioral adalah pernyataan tentang  perubahan yang diharapkan oleh guru akan terjadi dalam kinerja murid.
·         Perilaku murid.
·         Kondisi di mana perilaku terjadi.
·         Kriteria kinerja.
Menganalisis Tugas. Alat lain dalam perencanaan teacher-contered, yang difokuskan pada pemecahan suatu tuga kompleks yang dipelajari murid menjadi komponen-komponen.
Taksonomi adalah sistem klasifikasi yang dikembangkan oleh Benjamin Bloom dan kawan-kawannya. Ini mengklasifikasikan sasaran pendidikan menjadi tiga domain: kognitif, afektif, dan psikomotor.

Domain kognitif

·         Pengetahuan.
·         Pemahaman.
·         Aplikasi.
·         Analisis.
·         Sintesis.
·         Evaluasi.
Domain Afektif.

Instruksi Langsung

Instruksi langsung pendekatan teacher-centered yang terstruktur yang dicirikan oleh arahan dan kontrol guru, ekspektasi guru yang tinggi atas kemajuan murid, maksimalisasi waktu yang dihabiskan murid untuk tugas0tugas akademik, dan usaha oleh gur untuk meminimalkan pengaruh negatif terhadap murid.

Strategi Instruksional Teacher-Centered

Mengorientasikan murid pada materi baru; mengajar, menjelaskan dan mendemonstrasikan; menanyakan dan diskusi; penguasaan pembelajaran; tugas di kelas; dan pekerjaan rumah.

Mengevaluasi Instruksi Teacher-Centered

Perencana yang rapi dan ciptakan berharap agar murid mendapatkan kemajuan.

Prinsip Learner-Centered

Instruksi dan perencanaan lerned-centered adalah pada siswa, bukan guru. Dalam sebuah studi, persepsi murid terhadap lingkungan pembelajaran yang positif dan hubungan interpersonal dengan guru merupakan faktor paling penting yang memperkuat motivasi dan prestasi murid.

Beberapa Strategi Instruksional Learned-Centered

Pembelajaran Berbasis Problem. Pembelajaran berbasis problem menekankan pada pemecahan problem kehidupan nyata.
Pertanyaan Esensial. Pertanyaan esensial adalah pertanyaan yang merefleksikan inti dari kurikulum, hal yang penting yang harus dieksplorasi dan dipelajari oleh murid.
Pembelajaran Penemuan. Pembelajaran penemuan (discovery learning) adalah pembelajaran di mana murid menyusun pemahaman sendiri.

Mengevaluasi Instruksi Learned-Centered

Pendekatan learned-centered untuk perencanaan dan instruksi pelajaran memberikan banyak hal positif. Empat belas prinsip learned-centered yang disusun oleh American Psychological Assosiation dapat membantu dalam membimbing murid. Prinsip tersebut mendorong guru untuk membantu murid secara aktif mengkonstruksi pemahaman mereka, menentukan tujuan dan rencana, berpikir mendalam dan kreatif, memantau pembelajaran mereka, memecahkan problem dunia nyata, mengembangkan rasa percaya diri yang positif dan mengontrol emosi, memotivasi diri sendiri, belajar sesuai dengan level perkembangan, bekerja sama secara efektif dengan orang lain (termasuk orang yang berbeda latar belakang), mengevaluasi preferensi mereka, dan memenuhi standar.

Teknologi Dan Pendidikan

Teknologi adalah tema penting dalam pendidikan sehingga selalu dibahas dalam setiap buku ini.

Revolusi Teknologi

Revolusi teknologi adalah bagian dari masyarakat informasi di mana kita kini hidup. Masyarakat informasi baru masih mengandalkan beberapa keahlian nonteknologi mendasar, seperti: keterampilan berkomunikasi, kemampuan memechkan masalah, berpikir mendalam, berpikir kreatif, dan berpikir positif.

Internet

Internet adalah inti dari komunikasi melalui komputer. Sistem internet berisi ribuan jaringan komputer yang terhubung di seluruh dunia, menyediakan informasi yang tak terhingga yang dapat diakses murid.
World Wide Web (Web) adalah sistem pengambilan informasi hypermedia yang menghubungkan berbagai materi Internet; materi ini mencakup teks dan grafis.
Website adalah lokasi individu atau organisasi di Internet. Website menampilkan informasi yang dimasukkan oleh individu atau organisasi.
E-mail adalah singkatan dari electronic mail dan merupakan bagian penting lain dari Internet.

CONVERSATION

0 komentar:

Posting Komentar

Back
to top